Desain Pondasi Rumah Minimalis 1 Lantai

Thursday, December 31st, 2015 - Desain, Rumah
Advertisement

Desain Pondasi Rumah Minimalis 1 Lantai Rumah minimalis satu lantai lebih banyak disukai dan dipilih oleh kalangan keluarga kecil. Dalam membuat rumah minimalis satu lantai anda tidak hanya membutuhkan desain interior ataupun konsep rancangan saja melainkan juga menentukan pondasi rumah yang akan anda gunakan untuk membangun rumah anda. Apakah pondasi rumah itu? Pondasi rumah adalah struktur bangunan yang berada paling bawah atau pada bagian bawah tanah yang berfungsi sebagai penyalur beban untuk struktur bangunan yang berada diatas. Pondasi juga merupakan kerangka awal sebelum dibangunnya rumah sehingga sangat penting bagi anda untuk merancang pondasi yang tepat terlebih dahulu sebelum melakukan perancangan untuk rumah minimalis anda. Pondasi memiliki beberapa jenis, salah satu diantara jenis pondasi tersebut merupakan pondasi untuk rumah minimalis dua lantai. Beberapa jenis pondasi tersebut berbeda karena tingkat kebutuhan rumah juga berbeda dan dalam menciptakan suatu bangunan yang kuat dan kokoh dibutuhkan pengetahuan tentang pondasi. Oleh karena itu kami akan membahas desain pondasi rumah minimalis 1 lantai yang bisa anda pahami.embangun sebuah rumah tidak semudah yang kita bayangkan, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dan melalui sebuah perencanaan yang matang. Begitu pula dalam membangun rumah dengan konsep minimalis. Rumah minimalis merupakan rumah yang paling diminati saat ini. Tingkat kesulitan dalam membangun sebuah rumah minimalis sendiri tidak begitu besar. Maka dari itu banyak orang yang lebih memilih rumah minimalis dibandingkan dengan rumah biasa ataupun rumah bergaya klasik. Bukan hanya itu saja, pembangunan rumah minimalis tidak membutuhkan lahan yang luas dan hanya memerlukan biaya pembangunan yang tidak banyak. Sehingga dapat meminimalisir pengeluaran anggaran anda.

pondasi minimalis

Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali merupakan pondasi yang sering digunakan untuk beberapa wilayah dengan kondisi tanah yang stabil. Pondasi ini sering digunakan untuk pembuatan rumah minimalis. Tingkat kestabilan dan kondisi tanah memang merupakan suatu tolak ukur dalam membuat bangunan yang kokoh agar tidak mudah hancur. Pondasi tersebut dinamakan dengan pondasi batu kali karena bahan yang digunakan untuk membuat pondasi tersebut adalah batu kali. Fungsi pondasi batu kali adalah sebagai penerus beban vertical dari bangunan yang berada diatas menuju bagian bawah tanah pada letak bangunan tersebut berdiri. Pondasi tersebut memiliki bentuk seperti trapezium dengan lebar atas sekitar 30cm dan lebar bagian bawah sekitar 60cm. Pondasi batu kali juga memiliki ketinggian rata-rata 60 sampai dengan 70cm. Pada bagian atas pondasi terdapat sloof berukuran 15x20cm, ukuran tersebut merupakan ukuran standart dalam membuat bangunan rumah minimalis satu lantai. Sloof berfungsi sebagai pengikat konstruksi tiang-tiang beton yang disalurkan secara merata pada pondasi batu kali.

Pondasi Tiang Pancang

Pondasi tiang pancang merupakan pondasi yang sering digunakan untuk struktur tanah yang memiliki kadar air cukup tinggi. Tidak hanya itu saja kondisi tanah yang cukup keras juga menggunakan pondasi tiang pancang. Pondasi tersebut memang lebih cocok untuk digunakan pada tanah-tanah yang bermasalah pada kondisi struktur tanah. Pondasi tiang pancang juga memiliki beberapa jenis pondasi sesuai dengan tingkat kebutuhan rumah yang akan di bangun. Pondasi tiang pancang pertama adalah tiang pancang kayu, pondasi tersebut biasa digunakan pada rumah adat atau rumah panggung di daerah-daerah tertentu seperti wilayah Kalimantan, NTT dan beberapa bagian di wilayah pesisir. Jenis tiang pancang kedua adalah tiang pancang beton, pondasi tiang pancang beton lebih dimanfaatkan sebagai pondasi untuk bangunan bertingkat dengan ukuran gedung yang melambung tinggi. Selanjutnya adalah jenis tiang pancang beton cor, biasanya pondasi tersebut digunakan untuk beberapa lahan bekas pengeboran tanah. Sama halnya dengan pondasi tiang pancang beton cor, jenis pondasi tiang pancang system fabrikasi juga menggunakan system pengeboran tanah sebagai salah satu cara membangun pondasi rumah. Namun yang membedakan adalah system fabrikasi menggunakan cara modern untuk membuat pondasi tersebut. Kedua system tiang pancang beton cor dan pondasi tiang pancang fabrikasi merupakan system yang juga digunakan sebagai pondasi untuk rumah minimalis satu lantai yang memiliki kondisi struktur tanah dengan kadar air yang tinggi.

Menentukan pondasi bangunan untuk rumah minimalis satu lantai yang anda inginkan bukanlah perkara yang mudah. Salah menentukan pondasi bangunan akan berdampak pada kuat tidaknya bangunan rumah anda. Karena setiap pondasi memiliki ketentuan tertentu yang bergantung pada struktur tanah pada kawasan tersebut. Dengan adanya artikel tentang desain pondasi rumah minimalis 1 lantai ini, semoga anda bisa menentukan pondasi mana yang akan anda gunakan dalam membangun rumah sesuai dengan kondisi tanah rumah minimalis anda.[pm]

Tags:

gambar pondasi rumah, pondasi rumah 1 lantai, ukuran pondasi rumah 1 lantai, jenis pondasi rumah 1 lantai, cara buat pondasi rumah 1 lantai, model pondasi rumah, ukuran sloof rumah 1 lantai, saiz tiang untuk rumah satu tingkat, tinggi rumah minimalis satu lantai, rumah minimalis satu tiang
Advertisement
Desain Pondasi Rumah Minimalis 1 Lantai | admin | 4.5